Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 12 Februari 2016

Dunia Kereta - Lokomotif Diesel Elektrik

Lokomotif diesel elektrik adalah lokomotif yang menggunakan transmisi listrik, dalam artian daya yang dihasilkan mesin diesel ditransfer ke roda kereta dalam bentuk listrik. Berikut sekilas bahasan mengenai komponen yang ada pada lokomotif elektrik beserta fungsi dari beberapa komponen pentingnya.
Gambar. Lokomotif Diesel Elektrik dan Komponennya [1]

Mesin Diesel
Mesin diesel adalah sumber daya/ power utama pada lokomotif ini. Karena menggunakan transmisi elektrik maka mesin diesel dipakai untuk memutar alternator untuk mendapatkan energi listrik. Turbo charging dipakai untuk menaikkan eefisiensi mesin diesel.

Alternator
Alternator mengubah putaran dari mesin diesel menjadi listrik. Alternator disini ada dua jenis: main alternator dan auxiliary alternator. Main alternator berfungsi menghasilkan listrik untuk keperluan sistem penggerak kereta. Sedangkan auxiliary alternator yang mimiliki ukuran lebih kecil bertugas mensuplai listrik untuk kebutuhan auxiliary(lampu, AC, pemanas).

Motor Blower
Berfungsi untuk mendinginkan rectifier/ inverter dan mengatur suhu dalam ruang mesin lokomotif.

Air Intake
Sebagai filter udara yang masuk ke dalam ruang mesin lokomotif.

Rectifier/ Inverter
Output dari alternator adalah listrik AC sedangkan motor traksi yang dipakai ada yang AC dan DC untuk itu rectifier/ inverter dipakai. Pada zaman sekarang motor traksi AC sudah menjadi standart pada lokomotif, rectifier dan inverter dipakai untuk motor control. Penggunaan inverter ini ada yang bogie control (satu bogie satu inverter) dan ada yang axle control (satu axle satu inverter). Pada saat ini, seiring kemajuan teknologi power elektronik, satu inverter bisa dipakai untuk mengontrol empat motor traksi dengan susunan paralel. Antara motor traksi dan roda terdapat pinion/ gear box sebagai antar muka putaran motor dan roda.

Baterai
Baterai memiliki fungsi ganda yaitu pada sistem propulsi berperan untuk start engine sedangkan pada sistem auxiliary baterai dipakai untuk lampu emergency.

Cap
Cap adalah kabin masinis. Dalam kabin ini ada control stand (meja kemudi) dan electronic control (panel kontrol). Panel kontrol mengendalikan setting rectifier/ inverter juga pencahayaan dan kelistrikan lainya.

Compressor
Untuk memperoleh udara bertekanan sebagai tenaga pneumatik yang dipakai untuk pengereman maupun buka-tutup pintu pneumatik.

Sand Box
Merupakan wadah pasir. Pasir ini dipakai untuk meingkatkan gaya gesek antara roda dan rel ketika kondisi rel licin, misal ketika hujan.

Contoh lokomotif diesel elektrik di Indonesia adalah Lokomotif CC206 milik PT KAI. Kereta buatan GE ini memiliki dua bogie dengan konfigurasi C-C.
Gambar. Lokomotif Diesel Elektrik CC206 [2]



Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter