Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Kamis, 18 Februari 2016

Dunia Kereta - Roda Kereta Api


Roda kereta merupakan jenis roda yang dirancang khusus untuk digunakan pada rel kereta api. Karena kereta api adalah kendaraan guided, dalam artian arahnya ditentukan oleh rel, maka profil/ struktur roda sangat penting disini. Untuk memenuhi fungsi itu, maka roda kereta api memiliki flange dan conus. Flange berfungsi untuk menjaga roda agar tidak tergelincir. Sedangkkan conus adalah bentuk permukaan roda yang miring, tidak rata. Conus berfungsi untuk memberikan beda kecepatan pada roda. Pada mobil ketika membelok, maka roda yang sebelah dalam memiliki kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan sebelah luar, misal untuk membelok kekanan, maka roda sisi kanan memiliki kecepatan yang lebih rendah daripada roda sebelah kiri. Karena roda mobil sebelah kanan tidak terhubung dengan roda sebelah kiri, maka beda kecepatan bisa mudah diperoleh. Beda halnya dengan roda kereta yang antara roda kiri dan kanan terhubung, maka untuk membuat beda kecepatan ini diperlukan permukaan roda yang berbentuk conus. Dengan permukaan berbentuk conus maka ketika membelok, misal belok kanan, maka roda sebelah kanan akan menempel di rel pada diameter yang kecil sedangkan roda kiri menempel pada diameter yang besar. Perbedaan diameter ini akan menimbulkan beda kecepatan.


           Walaupun kereta arah geraknya sudah dipandu oleh rel, masinis tetap dibutuhkan untuk mengurangi kecepatan pada track tikungan, karena pada tikungan ada batas kecepatan maksimum yang diizinkan. Jika melebihi batas kecepatan yang diizinkan, maka kereta bisa keluar dari rel(derailment) karena flange roda tidak mempu menahan. Selain itu masinis juga bertugas untuk memastikan kereta berjalan sesuai rambu – rambu/ signal yang ada.

           Roda kereta pada umumnya dibuat dengan metode press baja untuk memperoleh tingkat kekerasan sesuai yang diinginkan. Dalam hal ini belum ada industri di Indonesia yang bisa membuatnya. Info penting lainnya, roda kereta dibuat dengan kekerasa lebih rendah daripada rel, sehingga pada gesekan antara roda dan rel, roda akan aus lebih dulu. Hal ini dilakukan karena penggantian rel memakan biaya yang lebih banyak daripada roda kereta api.
Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter