Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 22 April 2016

DIBUKA! Pendaftaran Akademi Perkeretaapian Indonesia 2016

Setelah sebelumnya kita mengenal Akademi Perkeretaapian Indonesia(API), pada kesempatan kali ini bagi yang berminat untuk belajar lebih jauh mengenai perkeretaapian ada kabar gembira dengan dibukanya pendaftaran API tahun ajaran 2016/2017. Api sendiri adalah salah satu sekolah kedinasan yang dimiliki oleh Dephub dimana program yang ada sekarang untuk jenjang Diploma. Ada empat program D3 yang dibuka di API yaitu:
  1. D.III TBJP (Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian). Jurusan ini lebih difokuskan pada pembangunan lintasan perkeretaapian. Kalau diuniversitas umum ini masuk ke Teknik Sipil.
  2.  D.III TEP (Teknik Elektro Perkeretaapian). Sekilas namanya jelas ini menangani Teknik Elektro, tetapi jangan salah, untuk jurusan ini lebih ke arah elektro pensinyalan(berhubungan dengan prasarana-kelengkapan di lintasan).
  3. D.III TMP (Teknik Mekanika Perkeretaapian). Untuk yang ini sekilas saya kira Teknik Mesin yang mengurus bagian mekanik perkeretaapian, setelah saya tanyakan ternyata jurusan ini membidangi sarana perkeretaapin(perlengkapan di kereta, termasuk inverter propulsi dipelajari disini).
  4. D.III MTP ( Manajemen Transportasi Perkeretaapian). Kalau yang ini tentang menajemen perkeretaapian, dan yang ini saya kurang begitu paham. Mungkin salah satu yang dipelajari tentang penjadwalan kereta api.

Sekolah milik Dephub ini juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN terkait seperti PT KAI, PT INKA, WIKA, MRT Jakarta. Untuk masalah ikatan dinas, sewaktu saya tanya ke mahasiswa API, belum pasti, masih harus melalui tes, hanya saja kemungkinan besar akan diberi prioritas jika mendaptar di perusahaan atau BUMN yang telah bekerjasama dengan API.

Untuk website pendaftaran resminya bisa dilihat di https://sipencatar.dephub.go.id/ . Sewaktu saya membuka website ini ada peringatan dari browser kalau website mengandung virus, klik lanjut saja tidak apa-apa. Di website tersebut juga tercantum beberapa sekolah lain milik Dephub. Berikut sekilas jadwal pendaftarannya.

Pendaftaran API 2017.


Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]

Follow IG

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter