Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Rabu, 28 Februari 2018

Dunia Listrik - Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler



Pada kesempatan kali ini akan kita pelajari apa perbedaan antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler. Seringkali orang rancu dengan keduanya, bahkan banyak yang menganggap keduanya adalah sama. Lebih jelas, simak sampai akhir artikel ini.

Ketika kita merakit sebuah PC, komponen utama PC adalah monitor dan CPU plus tambahan untuk inputan berupa mouse dan keyboard. Sebuah CPU PC sendiri jika kita pernah membukanya atau membaca spesifikasinya maka terdiri dari beberapa komponen lagi yaitu: Power supply, motherboard, prosessor, RAM, ROM/ hardisk, CD room dll. Di dalam CPU terdapat prosessor. Ini adalah pengertian umum yang keliru. Kenapa di dalam box yang terdapat komponen-komponen diatas disebut CPU atau Central Processing Unit? Karena didalamnya terdapat prosessor. Sedangkan CPU sendiri merupakan nama lengkap sebuah prosessor. Prosessor dalam suatu computer adalah pusat proses maka ialah yang bertindak sebagai Central Processing Unit(CPU).

Lalu apakah itu CPU? Jika computer diibaratkan manusia, CPU adalah otak manusia. Otak manusia terdiri dari beberapa bagian yang masing – masing memiliki fungsi tersendiri demikian pula hal nya dengan CPU. Secara umum CPU terdiri dari tiga komponen utama yaitu Control Logic, Register, dan ALU(Aritmatic Logic Unit). Control Logic berfungsi untuk mengatur proses yang ada di CPU, Register untuk menyimpan data, dan ALU(Arithmetic Logic Unit) yang berfungsi melakukan operasi matematis dengan menggunakan gerbang logika. Ketiga komponen tadi dihubungkan dengan sebuah jalur yang dikenal dengan BUS.


Gambar 1. Komponen CPU

Setelah kita mengenal CPU, apa itu mikroprosesor? Mikroprosesor adalah istilah untuk CPU yang terbentuk dalam satu chip. Jadi ketiga bagian CPU tadi sudah include semua dalam satu chip. Contoh mikroprosesor yang banyak dipakai di komputer/ laptop adalah pabrikan dari Intel dan AMD. Selanjutnya sebuah mikroprosesor akan menjadi komputer/ PC jika dirakit bersama Keyboard, ROM(misal harddisk), RAM, I/O (misal port USB), dan monitor seperti ilustrasi dibawah ini.



Gambar 2. Komponen Mikroprosesor


Gambar 3. Komponen Komputer


Dari pembahasan diatas, apakah sudah ada gambaran tentang mikrokontroler? Mikrokontroler adalah rangkaian dari Mikroprosesor, ROM, RAM, dan I/O dalam satu chip. Jika kita pernah memakai mikrokontroller pasti pada spesifikasinya tercantum kapasitas SRAM, dan flash (ROM) nya. Kelebihan mikrokontroller adalah bentuknya yang compact sehingga mudah dibawa. Ukuran yg kecil sehingga banyak diaplikasikan untuk robotik. Kelemahanya adalah pada kapasitas RAM, ROM nya yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan sebuah komputer. Contoh mikrokontroller yang banyak ditemui dipasaran adalah Arduino, ST Mikro, Rapsberry Pi dll. Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat.




Gambar 4. Komponen Mikrokontroler

Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter