Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 29 September 2017

Aku Pilih Naik Kereta Api

Saat ini mode transportasi kereta api menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia. Jika dibanding mode transportasi lain kereta api paling unggul. Pesaing utama kereta api adalah pesawat terbang. Walaupun tidak dipungkiri untuk transportasi antar pulau seperti di Indonesia ini pesawat terbang menduduki posisi terdepan, tetapi setidaknya untuk transportasi antar kota dalam satu pulau, kereta api merupakan salah satu pilihan utama. Seiring dengan gencarnya pembangunan pra-sarana transportasi di luar pulai Jawa seperti Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya, maka tidak diragukan mode transportasi ini akan berkembang pesat kedepannya.

Untuk dapat bersaing dengan pesawat pada transportasi antar kota dalam pulau, kereta api dapat berkaca pada sistem pelayanan pada sarana transportasi udara ini. Jika kita bandingkan dari beberapa ulasan, kereta api sudah unggul dibanding pesawat terbang seperti terlihat pada tabel berikut:


(sumber : www.telegraph.co.uk dan pengalaman pribadi penulis)

Data perbandingan diatas diambil pada kereta kelas eksekutif dan pesawat kelas ekonomi dimana dari segi harga hampir sama. Berdasarkan data diatas kereta api unggul dibanding pesawat. Ada dua parameter dimana kereta api kalah jika dibanding pesawat yaitu waktu tempuh dan sistem transit.

Dari segi waktu tempuh memang menjadi alasan utama orang memilih mode transportasi pesawat. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi kereta, dengan adanya kereta cepat maka waktu tempuh ini pun bisa dikompres. Alternatif lain untuk bersaing pada faktor ini adalah dengan meningkatkan kenyamanan penumpang. Jika penumpang sudah nyaman di kereta maka waktu tempuh yang lama pun tidak akan terasa dan tubuh tetap merasa fresh meskipun telah menempuh perjalan beberapa jam.

Berbicara tentang kenyamanan sebagai alternatif kompensasi waktu tempuh ini, tidak lagi seperti yang disebutkan pada point enam tabel diatas. Kenyamanan disini lebih pada kenyamanan mengistirahatkan tubuh agar tidak penat menempuh perjalanan dan juga kenyamanan agar tidak bosan menempuh waktu yang lama. Kenyamanan pertama dapat diwujudkan dengan adanya kereta tidur misalnya atau dengan memperbaiki ergonomis kursi kereta agar orang merasa tetap nyaman meskipun duduk dalam waktu yang lama. Kenyamanan kedua dengan memperbaiki vasilitas audio visual kereta api, baik itu secara tampilan maupun konten yang disajikan sehingga penumpang tidak penat.

Faktor kedua yang menyebabkan pesawat lebih unggul adalah sistem transit. Saat ini jika kita memesan tiket pesawat maka akan sering kita temui rute transit. Rute transit sebenarnya merupakan salah satu usaha untuk mengefesienkan perjalanan bagi operator, sedangkan bagi penumpang membantu dalam pembelian tiket dan juga waktu tunggu. Seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang dan juga pembangunan pra-sarana double track, sistem transit ini kedepannya akan sangat menguntungkan bagi operator dan juga konsumen kereta api.



(sumber: kereta-api.co.id)

Gambar diatas merupakan rute atau jalur kereta api di pulau Jawa, stasiun - stasiun di percabangan jalur dapat dimanfaatkan sebagai stasiun transit. Dengan menggunakan rute transit ini harapnnya kereta - kereta dari stasiun yang dinilai minim penumpang dapat disatukan pada kereta lain dengan tujuan stasiun yang sama. Sistem ini harapannya membuat penjualan kursi/ tiket semakin efisien. Selain itu sistem transit juga dapat diaplikasikan pada kereta jarak jauh dan kereta lokal, sehingga dalam pembelian tiket, penumpang bisa memesan langsung. Pada tiket nanti akan tercantum transit seperti pada sistem yang dipakai pesawat.

Selain itu stasiun-stasiun transit juga dapat digunakan sebagai patokan penentu harga tiket. Dalam artian, sistem penjualan tiket dibagi per stasiun transit. Misalnya jika kereta Gajayana dari Malang berangkat dengan 400 penumpang, maka jika Stasiun Balapan Solo adalah stasiun transit, jumlah penumpang pada sistem tiketing dapat diupdate. Jika kereta Gajayana tadi menurunkan 100 penumpang di Stasiun Balapan, maka 100 kursi yang kosong tadi bisa dijual tiketnya lagi di Solo. Penjualan tiket ini bukan saat penumpang sudah turun, tetapi sudah diperhitungkan di sistem ticketing.

Harapanya kedepan kereta api semakin maju dan menjadi pilihan utama untuk transportasi antar kota dalam pulau bahkan antar pulau seperti di Eropa. Selamat hari jadi ke - 72 PT.KAI (Persero). Majulah perkeretaapian Indonesia.
Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter