Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 12 Februari 2016

Dunia Kereta - Lokomotif Diesel

Kereta diesel adalah kereta yang penggerak utamanya adalah mesin diesel. Kereta diesel pertama di dunia dipakai untuk komersial pada tahun 1924. Kelebihan lokomotif diesel dibandingkan dengan lokomotif uap adalah:
  1. Polusi udara berkurang
  2. Suaranya lebih pelan
  3. Lebih tahan terhadap air karena pada lokomotif uap air dapat mengganggu pembakarannya
  4. Lebih bersih dari sisa – sisa bahan bakar
  5. Tidak memerlukan penjaga bahan bakar, pada lokomotif uap perlu penjaga bahan bakar untuk memastikan pembakaran tetap berjalan
  6. Biaya maintenance lebih murah
  7. Termal effisiensi lebih tinggi ( mesin disel 36 %, mesin uap 6-10 % )

Berdasarkan kelebihan yang dimiliki diatas, lokomotif diesel telah menggantikan lokomotif uap pada pertengahan tahun 1960. Sedangkan kelebihan lokomotif diesel dibandingkan dengan lokomotif elektrik adalah:
  1. Lokomotif diesel tidak memerlukan jalur yang memiliki LAA(listrik aliran atas)
  2. Bila dihitung dari sumber energy bahan bakar, bisa jadi lokomotif diesel memiliki loses dan pencemaran lebih kecil. Hal ini karena lokomotif diesel langsung memakai bahan bakar solar, sedangkan untuk lokomotif elektrik bahan bakar solar dipakai pada pembangkitan listriknya, belum lagi loses yang terjadi ketika transmisi dari pembangkit listrik menuju lokomotif listrik tersebut.
Berdasarkan transmisinya, lokomotif diesel yang sekarang banyal digunakan ada tiga:

Diesel mekanik
Menggunakan transmisi mekanik. Gaya gerak dari mesin diesel diteruskan ke gearbox, biasanya diperantarai fluid coupling. Dari gearbox gerakan diteruskan ke roda melalui transmisi mekanik, seperti gardan. Jenis kereta ini hanya dipakai untuk daya rendah, karena untuk kereta dengan daya yang tinggi ukuran transmisinya juga besar.

Gambar. Lokomotif disel mekanik [1]

Pada trasmisi elektrik, mesin diesel dipakai untuk memutar alternator yang menghasilkan listrik. Listrik dari alternator inilah yang dipakai untuk menggerakkan motor traksi.
Gambar. Lokomotif disel elektrik [1]


Diesel hidraulik
Hampir sama dengan diesel mekanik, hanya saja fluid coupling diganti menggunakan torque converter (untuk mengkonversi torsi dari mesin diesel menuju gardan shaft). Hanya saja, torque converter mampu dibebani slip yang besar, yaitu perbedaan kecepatan antara putaran mesin dan kecepatan roda, misalnya pada saat pengereman.
Gambar. Torque Converter [2]
Ref:
  1.  https://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_locomotive
  2. http://auto.howstuffworks.com/auto-parts/towing/towing-capacity/information/torque-converter2.htm


Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter