Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 27 Mei 2016

Dunia Kereta - Cant (Kemiringan Rel)

Apakah itu “ cant”? Cant secara bahasa berarti memiringkan. Sedangkan cant dalam perkeretaapian berarti kemiringan rel yaitu perbedaan ketinggian antara rel sebelah dalam dan luar pada lintasan menikung sering juga disebut dengan superelevasi. Apa fungsinya? Bagi yang pernah belajar fisika pasti pernah mempelajari kemiringan jalan di tikungan. Kemiringan ini untuk mencegah gaya sentrifugal kendaraan ketika membelok agar tidak tergelincir keluar lintasan. Bagi yang belum belajar tentang ini di ilmu fisika, coba kalian amati di jalan raya yang menikung/ membelok, pasti jalan tersebut dibuat miring yakni sisi luar belokan lebih tinggi dari sisi dalam belokan. Coba pikirkan apa yang terjadi ketika pada lokasi belokan jalan raya tidak ada kemiringan ini! Demikian pula pada kereta api mimiliki peinsip yang sama pula. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai cant pada kereta api.

Pada perkeretaapian cant memiliki peran penting yaitu:
  • Distribusi load axle di tikungan akan lebih baik
  • Mengurangi keausan roda maupun rel karena distribusi load axle lebih baik, disini berkaitan dengan posisi persinggungan roda dan rel lebih seimbang
  • Meredam gaya sentrifugal
  •  Batas maksimum kecepatan di tikungan dapat dinaikkan
  • Menambah kenyamanan penumpang

Tujuan utama dibuat cant pada jalur kereta api adalah untuk menghindari kontak antara flange dengan rel yang menyebabkan keausan roda maupun rel. Bahkan jika kecepatan kereta api tinggi, maka flange tidak akan bisa menahan momentum kereta yang besar sehingga kereta bisa keluar lintasan. Untuk itu dibuatlah cant. Apa itu flange? Silakan baca artikel Roda KeretaApi.

Pada desain cant perlu mempertimbangkan radius tikungan dan juga kecepatan kereta yang lewat. Karena biasanya radius tikungan di lintasan adalah tetap, sehingga untuk memfasilatsi kereta dengan kecepatan berbeda akan diberikan batas maksimum yang diizinkan. Pada dasarnya kereta dengan kecepatan rendah, kontak flange roda pada sisi rel sebelah dalam, sedangkan pada kereta keceptan tinggi, kontak flange pada sisi rel sebelah luar. Dibeberapa tempat ada yang menambahkan pelumas ditempat terjadinya gesekan antara flange dan rel ini untuk mengurangi keausan yang ditimbulan. Idealnya lintasan rel pada tikungan harus memiliki sleeper dengan jarak yang lebih rapat dan ballast yang lebih dalam untuk menahan besarnya gaya di tikungan.



Gambar riil cant di lintasan
(www.wikipedia.org)

Cara menentukan batas kecepatan maksimum kereta api yang melintas pada lintasan tikungan yang memiliki cant dapat dilihat pada KecepatanMaksimum Kereta Api di Tikungan.

Gambar Gaya yang bekerja pada kereta api yang melintasi tikungan yang memiliki cant
(www.wikipedia.org)

Ref: www.wikipedia.org

Share:

0 komentar :

Posting Komentar

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]
Diberdayakan oleh Blogger.

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter