Dunia Kereta dan Dunia Listrik, Ada disini!

Jumat, 13 Mei 2016

Dunia Listrik - Macam-macam Sistem Grounding

Grounding atau istilah lainya earthing adalah menghubungkan bagian dari sirkuit listrik ke tanah dengan tujuan apabila terjadi arus bocor untuk membuang arus listrik ke bumi. Seringkali orang bingung membedakan antara ground dan netral, silakan baca Perbedaan antara Netral dan Ground. Pada artikel ini akan dibahas macam-macam sistem grounding untuk tegangan rendah (kurang dari 1 kV) berdasarkan standart IEC (Institution of Engineering and Technology).
IEC membedakan sistem grounding menjadi tiga, yaitu: TN, TT, dan IT. Huruf pertama menunjukkan koneksi antara ground/tanah dengan power supply, sedangkan huruf kedua menunjukkan koneksi antara ground dengan peralatan elektronik yang disupply listrik. Arti masing – masing hurufnya adalah sebagai berikut:

  • T (latin: Terra). Koneksi langsung ke ground.
  •  I (Isolation). Tidak ada koneksi ke ground (kalaupun ada dengan impedansi yang tinggi)
  • N (Neutral). Koneksi langsung ke kabel netral power suplly (dimana kabel ini digroundkan juga di power supply)

Sistem TN

Berdasarkan namanya, TN, berarti power supply terkoneksi langsung ke ground sedangkan peralatan elektronik terhubung ke ground power supply. Pada sistem ini, ground pada body peralatan listrik (protective earth - PE) terhubung juga ke ground power supply. Sistem TN sendiri dibagi lagi menjadi TN-S, TN-C, dan TN-C-S.


1) TN-S (Terre Neutral - Separate)
Pada sistem ini, antara neutral dan PE terpisah(separate) dengan kata lain memiliki jalur sendiri menuju grounding sistem.

2) TN-C (Terre Neutral - Combined)
Pada sistem ini, antara neutral dan PE menyatu(combined) membentuk PEN sehingga antara N dan PE memiliki jalur yang sama menuju grounding sistem.

3)TN-C-S (Terre Neutral – Combined - Separate)
Sistem ini adalah gabungan antara TN-S dan TN-C. Pada sisi peralatan elektronik/ user, PE memiliki jalur sendiri, tetapi sebelum masuk ke sub-station kabel PE dan N menyatu membentuk PEN. Sistem ini juga disebut protective multiple earthing (PME).


Sistem TT

Pada sistem ini kebal ground berada di masing - masing device atau custumer sehingga tidak ada kabel ground ke pembangkit. Keuntungan utama dari sistem ini adalah mengurangi interferensi antar peralatan pada user yang berbeda, maka dari itu sistem ini banyak dipakai pada telekomunikasi. Selain itu, sistem ini juga lebih aman apabila terjadi kerusakan kabel netral.


Sistem IT

Seperti namanya Isolated-Terre berarti supply tidak terhubung ke ground. Pada sistem ini, power suply tidak terkoneksi dengan ground, grounding ada di device atau user. Sistem ini umunya dipakai pada peralatan listrik yang supply listriknya berasal dari genset misalnya pada kereta api, lebih jelas grounding di kereta api nantikan artikel selanjutnya.

Berikut tabel perbandingan antara sistem TN, TT, dan IT.



Share:

10 komentar :

  1. Materi sangat bermanfaat, membantu saya dalam mempelajari pelajaran listrik

    BalasHapus
  2. Tidak mengerti pak, contoh kejadian: seandainya kita ambil listrik dari tiang hanya pasha nya saja lalu kabel pasha di beri mcb 6 ampere kemudian di hubungkan ke colokan dan netral di ganti oleh ground apakah arus yg keluar tetap 1300 watt melihat menggunakan mcb 6 ampere dan tidak menggunakan kabel netral? Tetima kasih jawabannya semoga bapak sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan hasilnya akan berbeda. memakai ground sebagai pengganti netral sebaiknya tidak dilakukan karena selain ada rugi-rugi juga tidak aman

      Hapus
  3. Mantap bos biar pada paham kita semua

    BalasHapus
  4. siang pak, kmarin sya cek kwh meter dirumah saya netral & ground itu dijadikan satu, terminal netral di kwh meter ada 2 kabel, satu kabel menuju tanah & satu kabel mnuju box sekring, keluaran di box sekring cuma ada dua kabel.
    pertanyaan saya pak, waktu saya mau pasang instalasi baru apakah perlu menambahkan kabel ground ke stopkontak? sedangkan dr kwh mter kabel ground sudah dgabung dgn netral?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu pak. Tetapi ada alat elektronik yg perlu ground sendiri, utk alat2 yg besar powernya

      Hapus
  5. Apakah rangkaian listrik di gedung gedung perusahaan harus memakai ground?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan memiliki ground kerana lebih aman. Dan jika memakai alat2 yang besar biasanya perlu koneksi ground

      Hapus

Translate

Tentang Penulis

Tentang Penulis
[click foto utk detail]

Follow IG

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Highlight

Dunia Kereta - Flywheel: Solusi Efisiensi Energi Kereta Listrik

Seperti telah kita pelajari bersama pada Sistem Propulsi Kereta Rel Listrik (KRL)  bahwa pada KRL memungkinkan tiga jenis pengereman yaitu ...

Flag Counter

Flag Counter